Breaking News
Home / berita / 7 Alasan Mengapa Kavling Syariah Menjadi Pilihan Investasi Terbaik

7 Alasan Mengapa Kavling Syariah Menjadi Pilihan Investasi Terbaik

 “Di mana Bumi dipijak, di situ tanah dikavling” (Putu Putrayasa – Pengusaha)

Pernyataan dari Putu Putrayasa di atas merupakan suatu hal yang cukup relevan di masa sekarang. Kita bisa lihat sendiri di berbagai daerah sudah begitu banyak tanah yang dikavling atau dipetak-petakan dan kemudian dijual. Ini tak hanya terjadi di daerah perkotaan, tetapi juga merambah hingga ke pelosok desa yang terkadang sangat jauh dari pemukiman penduduk. Biasanya, kavling tersebut dibeli untuk kepentingan investasi oleh sang pembelinya.

Lalu akan muncul pertanyaan, “Mengapa kavling menjadi pilihan investasi hingga semakin banyak digandrungi orang?” Jawaban umumnya adalah karena investasi kavling merupakan bentuk investasi properti yang hingga saat ini menjadi salah satu pilihan terbaik di antara berbagai jenis investasi lainnya. Hal ini desebabkan karena investasi properti mempunyai resiko yang cenderung rendah dan keuntungan yang lebih tinggi, bahkan, kadang kala bisa berlipat-lipat dari modal.

Secara khusus, ternyata investasi properti dalam bentuk kavling memiliki kelebihan daripada bentuk investasi properti lainnya. Ditambah lagi jika kavling tersebut merupakan kavling yang bersistem syariah. Tentunya menjadi nilai tambah bagi yang membelinya. Berikut ini kami paparkan 7 Alasan Mengapa Kavling Syariah Menjadi Pilihan Investasi Terbaik.

  1. Harga Lebih Murah

Investasi properti yang paling murah. Hal ini pantas disematkan oleh properti yang berbentuk lahan atau tanah. Begitu pula kavling yang juga merupakan sebutan petak tanah yang umumnya sudah diukur sehingga jelas batas-batasnya.

Jika dibandingkan dengan properti dalam bentuk bangunan jadi, seperti rumah atau ruko, bisa dipastikan harganya akan berbeda cukup jauh. Misalnya di lokasi yang sama ada penjualan unit kavling dan juga unit rumah dengan luas petak tanah yang sama. Kalau harga kavlingnya untuk tipe luas 72 m2 hanya 100 jutaan, harga kavling plus rumahnya bisa sampai 300 jutaan untuk tipe bangunan dengan luas 36 m2. Padahal bisa jadi biaya pembuatan rumahnya kurang dari 100 juta.

  1. Capital Gain Tinggi

Siapapun tahu bahwa harga tanah selalu mengalami kenaikan. Persentasenya bisa mencapai 20 sampai 25% tiap tahunnya, bahkan dua kali lipat setelah 5 tahun ke depan. Inilah nilai plus yang menjadikan investasi tanah cocok bagi siapa saja yang ingin berinvestasi dan memiliki keuntungan yang besar.

Properti yang memiliki return dan capital gain tinggi seperti tanah atau kavling, sebaiknya jangan dijual dalam waktu singkat. Tunggu dulu hingga harganya naik signifikan. Biasanya, kenaikan nilai properti akan sangat terasa setelah lima tahun.

Terlebih, persediaan tanah tidak akan bertumbuh dan bertambah, sedangkan permintaan akan semakin bertambah seiring pertumbuhan penduduk yang membutuhkan lahan tinggal. Menurut prinsip ekonomi, di mana semakin banyak permintaan maka akan semakin tinggi juga penawarannya. Bisa dibayangkan ketika kavling tersebut berada di daerah yang mulai ramai dan banyak perumahan ataupun pusat bisnis, maka tak perlu ragu penawarannya semakin tinggi dan cocok menjadi pilihan investasi.

  1. Perencanaan Sesuka Hati

Ketika mempunyai kavling, berarti sang pemilik bebas mau mengapakannya. Apakah mau dibiarkan saja untuk investasi hingga harganya naik, dipakai untuk berkebun, ataupun dibuat bangunan/rumah di atasnya. Perlu diingat, khusus untuk perencanaan pendirian rumah, zonasi peruntukan wilayahnya apakah untuk pemukiman atau bukan harus diperhatikan.

Selain itu, jika pemilik kavling membeli kavling yang berada di kawasan perumahan, ia memiliki waktu dan perencanaan yang lebih fleksibel terkait pembangunan rumahnya. Ia bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membangun dan seperti apa desain berikut spesifikasi rumah idamannya. Jadi tidak harus selalu terikat oleh pihak developer yang menjual kavling di perumahan tersebut.

  1. Minim Biaya

Perawatan kavling yang berupa tanah kosong memang tak memerlukan biaya besar dan menyulitkan. Berbeda dengan properti berupa bangunan, seperti rumah, apartemen, ruko, kantor, atau kios, yang harus terus dipelihara sehingga kerap merogoh kocek setiap tahun. Bahkan, cukup dengan “membiarkannya” sajapun keuntungan dari kenaikan harganya di masa depan akan tetap diperoleh.

  1. Punya Nilai Tambah (Added Value)

Keuntungan dari kavling bisa bertambah ketika tanahnya dikembangkan. Banyak ditemukan pengembangan perumahan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Bahkan, jika lahan tergolong strategis, kavling tersebut malah dapat dijadikan ruko.

Selain itu, terdapat juga kavling yang berada di kawasan perumahan yang di dalamnya sudah tersedia atau akan dibangun berbagai fasilitas umum maupun fasilitas sosial. Fasilitas-fasilitas itu akan menjadi nilai tambah pada harga kavling tersebut. Terlebih, jika di atas kavling didirikan bangunan di atasnya. Maka, harganya akan semakin tinggi.

  1. Bisa Dialokasikan untuk Bisnis

Bisa dijadikan sarana berbisnis adalah keuntungan lain yang bisa didapat dengan berinvestasi tanah atau kavling. Sambil menunggu masa lima tahun hingga harga tanah naik dua kali lipat, kavling bisa dimanfaatkan untuk ruang berbisnis tambahan. Misalnya, kebun sayur, lahan parkir, atau taman untuk acara pesta pernikahan.

  1. Berkah di Dunia dan Akhirat

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kavling syariah yang tidak dimiliki kavling lain pada umumnya. Pertama, perihal sistem pembiayaannya yang memakai sistem syariah sehingga tanpa ada unsur riba. Tidak memakai pembiayaan bank dan akad-akadnya dijaga agar tak ada yang bermasalah secara hukum syariah.

Kedua, pihak pengembang yang menjual kavling syariah biasanya membuat fasilitas dan konsep yang mendukung terwujudnya lingkungan islami pada kawasan kavling syariahnya. Ketiga, orang-orang yang berminat dan membeli kavling syariah umumnya mempunyai kecenderungan peduli terhadap Islam dan syariah. Hal-hal tersebut tentunya membuat kawasan di mana kavling syariah berada mempunyai potensi membentuk lingkungan yang nyaman dan mudah-mudahan membawa keberkahan.

Itulah 7 Alasan Mengapa Kavling Syariah Menjadi Pilihan Investasi Terbaik yang sebaiknya diketahui oleh Anda jika ingin berinvestasi di bidang properti. Selain itu, ketika nanti Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk kavling syariah maka pertimbangkanlah potensi kawasan di mana kavling tersebut berada. Kavling yang berada di kawasan perumahan syariah adalah salah satu opsi yang layak Anda pertimbangkan.

Penulis: Eko Apriansyah Owner Perumahan Syariah Permata Alam Hijau

About Syariah Project

Check Also

Laba vs Riba

Jangan Pernah Menyamakan Laba Dengan Riba “… Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *